MENAKSIR

Menaksir - Menaksir, berikut adalah beberapa macam menaksir dalam kegiatan pramuka,
semoga bermanfaat :
 
Menaksir Tinggi

Tehnik Menaksir Tinggi
Metode yang dipergunakan dalam menaksir tinggi ada bermacam-macam sesuai dengan kondisi yang ada. Untuk metode penaksiran tinggi dapat diberikan sebagai berikut :
1.                  Metode kesebandingan Setigiga


Kelebihan
Kekurangan
Tidak Bergantung cuaca
Bisa d terapkan dimanapun kapanpun
Susah membuat kondisi agar kondisi di lapangan sama dengang kondisi d sesuai gambar segitiga tersebut

2.                  Metode Segitiga pada bayangan
 
Kelebihan
Kekurangan
Mudah di terapkan dilapangan
Hanya berlaku pada cuaca cerah or ada matahari

3.                  Metode Trigonometri
 
Kelebihan
Kekurangan
Mudah di terapkan dilapangan
Tidak bergantung cuaca
Hasil paling akurat d banding yg laen
Kudu membuat kinometer
Butuh matematika yg agak rumit dikit buat ukuran anak SMP



Menaksir Jarak
Metode yg digunain buat naksir jarak tuch sederhana, just punya alat yg udah bisa bergerak dgn kecepatan konstan, pake persamaan kecepatan sederhana buat ngitung jaraknya.

Jarak yang ditempuh = kecepatan x waktu (dalam detik)

a.       Jarak pendek
            Alat yg d gunian adalah “langkah kita sendiri”, dgn memperkirakan rata2 kecepatan berjalan kita adalah 0.5 m/s maka



b.      Jarak Panjang
           Cara diatas hanya untuk mengetahui jarak pendek, sedangkan untuk jarak yg lumayan panjang, bisa menggunakan alat apapun yg usdah d ketahui kecepatanya, untuk bisa mengetahui kecepatan alat tersebut

Menaksir kecepatan Arus Air
Untuk bisa mengetahui kecepatan arus air, langkah2 yg harus dilakukan sebagai berikut:
1.       Carila satu benda yg bisa mengapung (kayu, daun, etc)
            2.    Tetapkan jarak A-B terserah

3.      Jatuhkan benda yg bisa mengapung tersebut.
4.      Hitung waktu yg dibutuhkan benda mengapung tersebut untuk mengalir dari A sampai ke B
            5.   Hitung kecepatanya dgn mengunakan rumus


Lebar Sungai
Untuk bisa menghitung lebar sungai ada dua cara yg menurut gw paling mudah:
A.    A. Metode perbaningan segitiga
     Misal posisi yg hendak menghitung ada d sebelah tanda bintang
1.      Tetapkan suatu titik sebagai acuan d seberang sungai (pohon, batu etc), gw namain titik C. Tetapkan titik lain yg lurus terhadap titik C, yg kemudian saya namain titik A

  
3.      Salah satu penggalang berdiri di B, dgn jarak A sampai B, terserah.
4.      Penggalang tersebut menghadap titik C, kemudian memutar berbalik arah 1800
5.      Berjalan beberapa saat, kemudian tandain titik berhentinya, saya namin titik D
6.      Dari titik D, penggalang tersebut menghadap sungai, saya namin titik d sebelah sungai dengan E
      Jadi lah dua buah segitiga sebangun, yaitu segitiga ABC dan EBD
6.      Hitung Jarak AB, BE, ED,
            7.   Untuk bisa menhitung lebar sungi bisa menggunakan persamaan kesebandingan sebagai berikut
  
A.    A. Metode Trigonometri
    Misal posisi yg hendak menghitung ada d sebelah tanda bintang
  
1.      Tetapkan suatu titik sebagai acuan d seberang sungai (pohon, batu etc), gw namain titik C. Tetapkan titik lain yg lurus terhadap titik C, yg kemudian saya namain titik A
2.      Tentukan jarak A-B, terserah brp pun ntu
3.      Gunakan kinometr dgn posisi busu mendarat.
4.      Bidik titik C, atur benang agar sejajar dgn arah AC (suer nie tu susah d deskripsiinya)
5.      Liat sudut pada kinometer untuk mengetahui besar sudut ACB
            6.   Gunakan persamaan berikut untuk menghitung lebar sungai
Menaksir Berat Benda
Tehnis Menaksir Berat
                                Untuk mengetahui berat diperlukan salah satu barang yang telah kita ketahui beratnya misalkan botol berisi air. Gambar penaksiran beratnya sebagai berikut :
 
                dimana :
                                                X = berat yang ditaksir
                                                Y = berat yang diketahui

                Rumus :
                                                X = Y x

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 GASPALA RANGER. All rights resevered. Designed by Templateism