tips packing

CARA PACKING YANG BAIK 

Pendahuluan:Apa fungsi di balik packing yang benar??

- Beban yang berat,semisal cara packingnya benar membantu sekali untuk mengurangi rasa sakit,pegal dan encok.Terutama Sakit pada bagian pundak..

- Tidak ribet saat harus mengeluarkannya atau memasukkannya kembali barang bawaan (Lebih ringkas,Dengan kapasitas Carrieryang sedemikian rupa,jadi lebih efisien untuk barang yang akan di bawa) *memungkinkan membawa peralatan yang lebih banyak,atau logistik yang lebih banyak

# Tips :Sebelum membeli tas Carrier

Usahakan mereview kegiatan apa yang sering di lakukan dengan tas Carrier tersebut Apakah untuk kegiatan traveling yang sebatas 2,3,4 hari atau bahkan semingguan..Atau misalkan untuk pendakian maupun expedisi yang cukup lama..Dengan mereview apa jenis kegiatan,membantu memudahkan untuk pemilihan suatu tas Carrier yang di butuhkan..

- Misal,ane suka dengan city explorer yang kebanyakan 2-4 hari,maka tentunya kawan-kawan idealnya membawa Carrier berkapasitas 40 Liter untuk tas Carrier merk luar negeri,50 Liter untuk merk lokal..Bisa juga dengan membawa daypack atau tas ransel..Asal perlengkapan yang di bawa berjenis (UltraLight*) atau pandai cara packingnya

* (Ultralight menurut ane adalah dimana kita membawa barang yang fungsinya sama,Jumlahnya sama tapi beda pada bobotnya..Misal ada tenda kapasitas 4 orang dengan bobot 5 kg,ada juga tenda kapasitas 4 orang beratnya hanya 3kg,dengan memilih tenda yang 3kg tapi kapasitas 4 orang,daripada yang 5kg dan kapasitas sama,maka kawan-kawan sudah menerapkan ultralight,sebuah prinsip dimana membawa beban seringan mungkin dan efisien)

Bagaimana kalo ane lebih condong untuk naik gunung,Untuk naik gunung 3-4 hari,minimal tas Carrier yang ideal adalah diatas 60 Liter untuk Carrier merk lokal,50 Liter untuk Carrier merk Luar.. (*tergantung cara packing dan peralatan yang di bawa akan mempengaruhi kapasitas yang ideal)


# Setelah mereview jenis kegiatan,Seleksi dan pelajari fitur-fitur yang ada pada tas Carrier tersebut,
Misal bagaimana Backsystemnya,Bentuk rangkanya,apakah berbentuk melengkung seperti "Deuter futura" contohnya atau yang frame vertical,Ukuran torso,dan Kapasitas Berat yang di anjurkan..Misal untuk merk "Osprey Xenon 70" berat yang di anjurkan 25-30 kg..


*Jadi bagaimana cara kita mereviewnya?? Untuk produk-produk luar bisa di check pada official webnya,Disana akan tersedia bermacam info yang akan membantu pengguna untuk memilih produk-produk yang ideal..Misal pada Official web "Osprey" Sudah di lengkapi infoUkuran torso,cara mengukur torso,Bahan/Material tas carrier,Backsystem apa,dll

#Perlu di garis bawahi nih gan..

Kapasitas,Harga,Merk bukan menjadi masalah suatu carrier ideal atau tidak,melainkan juga dari bentuk fisik seperti Backsystem,Frame/Rangka,Jenis Carriernya..Misal jenis carrier untuk Ultralight,Porter Series,atau Dailypack..Cara Packing yang baik itu yang utama


# Untuk Carrier yang ideal menurut ane adalah,dimana carrier:

- Bisa mendistribusikan beban bukan di pundak,melainkan beban di distribusikan dan bertumpu pada bagian pinggang belakang ,Pas sedikit di atas Pinggul

- mempunyai Backsystem yang bagus (Backsystem adalah bentuk belakang dari tas Carrier) *Beda merk,Beda seri,Beda juga jenis Backsystem yang di gunakan,Misal pada merk "Deuter" mempunyai backsystem bernama "Aircomfort" *Info lebih jelas untuk Backsystem Bisa di lihat pada web produknya atau bisa di googling,Biasanya untuk produk luar,pada official webnya pasti sudah di jelaskan Backsystemnya seperti apa

- Ukuran torso pas dengan pengguna.. (Ukuran torso adalah panjang tubuh belakang..Biasanya mengukurnya dari bahu sampai pinggang Belakang,Sedikit di atas pinggul) *Karena faktor ini,ane sarankan buat yang mau membeli Carrier,harus coba langsung tasnya,bila Tidak bisa mencoba,silahkan mengukurnya dengan menggunkan meteran tukang jahit..Pada produk luar seperti Deuter,Osprey,Gregory pada Official webnya pasti ada standart ukuran torso yang di sarankan)

- Tidak goyah ke kanan atau ke kiri misalkan kita sedang lari,atau sedang mensimulasikan untuk membelokkan tubuh ke kanan atau ke kiri saat mencobanya (Carrier yang stabil akan memudahkan penggunanya,Lebih hemat energi yang keluar,agar tidak cepat capai saat sedang melakukan trip yang berjam-jam atau berhari-hari)

- Carrier sendiri bisa mencengkram tubuh secara erat,Simplenya saat tas Carrier di pakai,pengguna akan serasa di peluk



# Jenis Carrier berdasarkan bentuk frame:


- Frame melengkung,Seperti halnya tas carrier "Deuter futura" "Osprey Exos"

Spoiler for Deuter Futura:


- Frame vertical, Seperti halnya tas carrier "Osprey Argon,Xenon" dll

Spoiler for Osprey Argon:


- Frame Cros "x" atau frame menyilang,Seperti halnya "Jackwolfskin Denali"

Spoiler for Jackwolfskin Denali:


(* Beda bentuk frame..beda fitur,beda kegunaan dan beda cara packingnya)


Bagi ane pribadi,suka tas carrier yang bentuknyavertical,karena mudah cara packingnya,kapasitas bisa lebih banyak,dan beban berat bisa sedekat mungkin dengan punggung)

Susunan Barang Dalam Carrier Berdasarkan Bobotnya.. See pict!! Source pict from Official Web Osprey
Spoiler for cekidot gan:


Penjelasannya nih gan :
- Kode merah adalah dimana barang bawaan kita mempunyai beban yang berat,Misalkan Air minum.. untuk 1 Liter air minum = 1kg Maka air minum atau benda yang sekiranya berat sekali di letakkan sedekat mungkin dengan punggung.Misal lain frame tenda
Atau tripod,seperti yang sudah saya praktekkan,untuk frame tenda di bagian dekat punggung sebelah kanan,tripod di sebelah kiri,
Air dua botol aqua masing-masing 1,5 Liter di dekat punggung bagian tengah,beras di bawah botol aqua,berbatasan dengan sleeping bag


- Kode oranye adalah dimana barang bawaan kita mempunyai berat sedang,contoh seperti logistik,kompor & nasting,kamera DSLR

- Kode kuning kecoklatan dimana barang bawaan kita yang sifatnya mempunyai beban ringan,seperti sleeping bag,baju dan celana ganti,tabung gas dll
( *yang sifatnya ringan dan tidak sering di gunakan) *dibikin warna biru soalnya klo kuning ga keliatan gan


- Kode Hijau adalah barang bawaan yang kita bawa sifatnya ringan dan sering digunakan atau mudah kita ambil jika sedang terdesak misal jas hujan/poncho,senter,pisau,garpu sendok,dll


Nah yang ini khusus buat penempatan matras nih gan..


- Cara pertama ada yang suka di taruh dalam carrier,dengan membentuknya seperti tabung

- Cara kedua dengan menggulungnya,dan di taruh di luar carrier dengan mengaitkan pada tali yang telah tersedia

# Kelebihan bila matras berada di dalam tas carrier,carrier akan tegap,terlihat kokoh,terlindung dari rembesan air untuk bagian samping-sampingnya
meredam getaran jika terjadi guncangan..
# Kekurangan bila matras berada dalam tas carrier,space tas carrier akan menjadi sempit
# Kelebihan bila matras berada di luar tas carrier,space menjadi lega
# Kekurangan bila matras berada di luar tas carrier,saat hujan tiba secara mendadak dan lupa membawa raincover tas,maka bisa di pastikan matras basah kuyup

*Tips lain
Usahakan di dalam tas di beri trashbag agar jika hujan atau ada rembesan air dari luar carrier,tidak membasahi apa yang ada di dalam tas..

Untuk pengamanan ganda dari air,usahakan selalu memisah barang bawaan menjadi bagian-bagian tertentu dan membungkusnya dengan plastik,seperti menjadikan satu
part untuk celana dan baju ganti,lantas membungkusnya memakai plastik

# Dengan menggunakan trashbag yang tidak berlubang dan berisi angin..Tas carrier juga bisa menjadi pelampung!!

0 komentar:

Posting Komentar

© 2015 GASPALA RANGER. All rights resevered. Designed by Templateism